Tuesday, April 26, 2016

Cara menampilkan thumbnail dari file PSD,AI, EPS dan CDR


Sebagai seorang desainer atau editor grafis baik yang profesional maupun yang baru belajar, tentu sudah tidak heran lagi apabila dalam satu folder didapati banyak sekali file hasil dari menyimpan proyek yang kita buat. Baik itu menggunakan Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw, atau aplikasin grafis yang lainnya.

Tentu sangat merepotkan apabila kita sudah menyimpan banyak sekali hasil pekerjaan, dan kita ingin membuka pekerjaan lama kita tetapi kita lupa namanya. Akan sangat memakan waktu apabila kita harus membukanya satu-persatu. Apalagi kalau kita mempunyai banyak pekerjaan yang berada dalams satu folder seperti gambar di bawah ini.
Tentu akan sangat mudah apabila windows akan menunjukkan langsung tampilan thumbnail pekerjaan kita seperti windows menampilan thumbnail dari file gambar berformat JPG, GIF dan sejenisnya.

Nah, untuk mensiasati gundah-gulanah para designer yang menggunakan sistem operasi windows. Ada developer yang dengan baik hati membuat sebuah aplikasi yang dapat menampilkan thumbnail dari hasil kerja anda dari aplikasi Adobe Photoshop (.psd), Adobe Illustrator (.ai/.eps), Corel Draw (.cdr/.eps) dan lainnya. Nama aplikasi tersebut adalah Sagethumb, dan kerennya aplikasi ini GRATIS! Alias Freeware. Untuk langkah menginstalnya adalah sebagai berikut :

1 Download aplikasinya disini : https://sourceforge.net/projects/sagethumbs/files/latest/download . Link tersebut tanpa iklan dan tanpa malware. Download gratis lewat link tersebut langsung dari developernya. Hargai developer dengan tidak mengupload ulang pekerjaan mereka yah!

 
2 Buka file yang didownload tadi . Akan ada perintah untuk memilih Bahasa yang nantinya akan digunakan. Pada contoh, Caranyakah akan mengunakan bahasa Inggris.

3 Klik Next pada jendela instalasi selanjutnya. Jendela ini hanya berisi pesan pembuka sebelum instalasi dimulai.

4 Klik I Agree pada License Agreement. Yang berarti kita menyutujui segala peraturan yang sudah dibuat oleh sang developer ketika kita menginstal aplikasi ini.

5 Klik Next pada Choose Component. Biarkan saja seperti aslinya, dimana ketika kita mengeklik Next, akan dilakukan pengecekan terlebih dahulu apakah aplikasi yang kita pasang adalah versi terbaru atau bukan.

6 Klik Next pada Choose Installation Location. Aplikasi akan terinstall pada folder Program Files sama seperti aplikasi yang lainnya. Silahkan diganti apabila ingin menempatkannya pada folder lain.

7 Klik Next pada Choose Start Menu Folder. Biarkan saja seperti aslinya, karena tidak begitu berpengaruh dalam kinerja aplikasi ini.

8 Tunggu Proses Instalasi Selesai. Proses Instalasi akan berjalan, tunggu sampai selesai. Bisa ditinggal ngopi atau baca artikel Caranyakah yang lain, he.. he.. he...

9 Cek folder yang berisi pekerjaan desain kamu. Lihatlah apakah sudah muncul thumbnailnya atau belum. Caranyakah rasa sih sudah pada muncul thumbnailnya. Buat yang belum, jangan lupa atur View pada windows seperti gambar diatas. Apabila sudah, pasti deh, thumbnail dari file pekerjaan kamu akan muncul. Jadi lebih gampang kan mau cari hasil desain yang lalu-lalu.

23 comments:
Write comments
  1. makasih gan... mantap!!! keren !!!

    ReplyDelete
  2. hi gan, saya sekarang ini juga pake sagethumb.
    bahkan udah 2 tahunan, dan saya merasa ini software cukup tua dan agak bikin windows explorer saya kadang2 not reponding. bukan masalah besar sih
    tapi barang kali ada alternatif lain gan
    software semacam windows explorer tapi yg khusus buat designer, yg semacam adobe bridge gitu.
    tapi adobe bridge sendiri makan ramnya gak itung2, masa 2gig raib

    ReplyDelete
  3. Hai, gan. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas sharing ilmunya. Cuma ada yang ingin saya tanyakan, Setelah saya install kok yang tampil TUMBNAILnya cuma sebagian (ga semua). Saya menggunakan PS CS6. Apakah ada versi PS yang direkomendasikan untuk software ini??? Soalnya file PSD yang saya punya campuran, ada yang dpt DW dan juga kreasi sendiri. Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  4. udah install. --> .cdr utk windows 10 tetap gak bisa.

    ReplyDelete
  5. inimah artikelnya sangat membantu... nuhun ah juragan.barokah

    ReplyDelete
  6. Makasih gan ilmunya, sangat membantu

    ReplyDelete
  7. Berhasil.. terimakasih bang infonya.. bermanfaat..

    ReplyDelete
  8. makasih gan ngebantu banget ente gan '

    ReplyDelete
  9. Terimakasih gan ilmu dan software free nya...sangat membantu..untuk photoshop sudah OK tapi untuk corel belum bisa ya gan...mohon pencerahannya...terimakasih

    ReplyDelete
  10. maaf kenapa sagethumb dideteksi virus ya. dan nggak semua file PSD terbaca.

    ReplyDelete