Thursday, March 31, 2016

Cara Menghibur Diri Tanpa Komputer / Gadget

Mungkin komputer/gadget sudah menjadi kebutuhan wajib bagi generasi saat ini. Mereka susah sekali dipisahkan dari kedua piranti tersebut dalam keadaan apapun. Tidak dipungkiri memang komputer/gadget adalah media hiburan nomor wahid untuk sebagian kalangan saat ini. Namun, ada kalanya kita harus terpisah dari kedua piranti tersebut mungkin dikarebakan rusak,listrik padam, baterai habis atau sebagainya. Bagaimanakah kita menghibur diri? Berikit ini Caranyakah akan memberi sedikit saran, diantaranya :

Cara Menghibur Diri Tanpa Komputer dengan menulis
1 Cobalah menulis sebuah cerita. Atau jika kamu memiliki waktu dan ide yang cukup, cobalah untuk menulis sebuah novel. Pikirkanlah sesuatu yang menjadi pusat cerita dari cerita yang kamu tulis. Kamu bisa juga menyisipkan kisah dalam hidupmu kedalam sebuah cerita. Tentusaja ini tidak seperti menulis sebuah diary, kamu bisa berkhayal dan memasukkan komponen apapun dalam kisah tersebut. Kisahmu bisa berupa kisah misteri yang penuh teka-teki, kisah drama yang menyayat hati, kisah petualangan yang membuat penasaran, atau bahkan kisah fiksi yang penuh imajinasi. Cobalah untuk membuat karakter yang kamu banget. Atau mungkin tokoh ceritanya gebetan kamu, temen kamu atau lainnya. Gunakan imajinasimu dalam berkarya. Selain ini mengasyikkan, tentusaja bila kamu beruntung, ceritama akan diterbitkan loh.

Cara Menghibur Diri Tanpa Komputer dengan menulis fanfiction
2 Menulis fanfiction. Kamu punya tokoh/karakter fovorit? kamu bisa membut kisanya versi kamu sendiri. Hal tersebut dinamakan fanfiction. Muangkin kamu membuat kisah Harry Potter yang menjadi tukang sulap di Indonesia, atau kisah Barck Obama yang menjadi presiden di Indonesia, atau bahkan kisah para karakter Avenger yang memerangi para pelaku pembakaran liar di Hutan Indonesia. Seru bukan?!

Cara Menghibur Diri Tanpa Komputer dengan menulis lirik lagu
3 Menulis lirik lagu. Kamu nggak bisa memainkan gitar atau alat musik lainnya? Jangan khawatir. Kamu kan bisa bersenandung dan membayangkan irama lagu yang bagus dan cocok. Mungkin lagu yang cocok untuk suasana hatimu saat ini, atau lagu yang menggambarkan pemandangan yang kamu lihat, atau sebagainya. Banyak kok inspirasinya. Dan bila kamu bisa memainkan alat musik, bersyukurlah!

Cara Menghibur Diri Tanpa Komputer dengan menggambar
4 Menggambar sesuatu. Kamu membayangkan sesuatu? Gambarkan! Atau mungkin karakter dari tulisanmu sebelumnya, cobalah gambarkan. Gambar kamu jelek? Nggak masalah! Semua itu butuh proses. Manfaatkan waktumu untuk mengasah skill menggambarmu!

Cara Menghibur Diri Tanpa Komputer dengan bermain bersama teman
5 Bermain bersama teman. Jika kamu sedang tidak sendirian, atau sedang ngumpul sama teman-teman kamu. Mainlah permainan sederhana, seperti catur, ular tangga, monopoli dan sebagainya. Mungkin terlihat konyol, tapi ini menyenangkan. Lebih menyenangkan daripada ketika kamu kumpul malah pada main Gadget sendiri-sendiri.

Cara Menghibur Diri Tanpa Komputer dengan berolahraga
6 Pergi keluar ruangan dan berkeringat. Jika kamu merasa bosan hanya didalam ruangan, kamu dan teman-temanmu bisa keluar dan berolahraga sambil bermain. Misalkan bermain sepak bola atau basket. Tak peduli tentang yang menang maupun kalah. Kamu hanya perlu bersenang-senang. Ada juga permainan lain seperti gobaksodor, betengan, petak umpet, dan lainnya yang bisa kamu mainkan di luar. Dan tentu saja sekaligus olahraha.

Cara Menghibur Diri Tanpa Komputer dengan tidur
7 Tidurlah. Ini tidak begitu direkomendasikan sih. Tapi bila kamu memang merasa capek beraktifitas, mending tidur aja deh daripada kamu bermain gadget. Selain mengembalikan kebugaran kamu, siapa tahu kamu akan ketemu gebetan di mimpi.

Cara Menghibur Diri Tanpa Komputer dengan menonton film ke bioskop
8 Ke Bioskop. Kamu sedang berada di sekitar bioskop. Cek jadwal film yang sedang rilis di 21cineplex.com , siapa tahu sedang ada film favorit kamu. Tunggu apa lagi, langsung cus aja kesana. Bisa sendiri, sama temen, sama gebetan atau bahkan sama kekasih tercinta.

Cara Menghibur Diri Tanpa Komputer dengan membaca
9 Membaca sesuatu. Koran, majalah, tabloit, komik, novel atau apapun yang bisa kamu baca. Mungkin sekarang versi digital/e-book dari semua bahan bacaan diatas banyak tersedia di dalam gadget. Tapi akan lebih menyenangkan jika kamu membaca versi cetaknya kok. Gak harus beli, kamu bisa menyewanya di persewaan disekitar rumah kamu. Dengan biaya yang terjangkau, kamu bisa membaca bahan bacaan yang kamu inginkan.

Cara Menghibur Diri Tanpa Komputer dengan bermain bersama peliharaan

10 Bermain dengan hewan peliharaan. Hewan peliharaan digadang-gadang sebagai sahabat terbaik manusia. Bermainlah dengan mereka, kamu bisa mengajak jalan-jalan anjing kamu. Atau kejar-kejaran dengan kucing kamu. Atau mungkin memandangi ikan kamu di dalam aquarium. Bersiul dengan burung beo kesayangan kamu dan sebaginya.

Cara Menghibur Diri Tanpa Komputer dengan memasak sesuatu
11 Memasak sesuatu. Perutkamu keroncongan? kamu bisa memasak sesuatu untuk kamu makan sendiri. Selain bisa lepas dari belenggu Gadget, kegiatan ini sungguh menyenangkan. Apalagi kalau kamu cewek, aneh dong kalau cewek malah enggak bisa memasak. Kamu bisa memasak sekedar memasak kentang goreng, jamur goreng, atau bahkan spaghetti untuk cemilan kamu. Atau mungkin kamu bisa membuat kue untuk kudapan semua anggota keluarga kamu. Sebisa mungkin izinlah orangtua sebelum kamu menggunakan dapur untuk memasak!


Cara Menghibur Diri Tanpa Komputer dengan merapikan dan bersih bersih

12 Besih-bersih. Sudah berapa hari atau bahkan bulan, atau bahkan tahun, kamar kamu dibiarkan berantakan? Mulailah membersihkannya! Memang tidak terdengar menyenangkan, tapi apabila kamu melakukannya, kamu tidak akan bisa berhenti ditengah-tengah. Cukup untuk mengisi waktu luang daripada bermain gadget/komputer.

Cara Menghibur Diri Tanpa Komputer dengan membuat kerajinan
13 Membuat kerajinan. Jangan membayangkan kerajinan seperti ukiran, patuang dan lainnya. Buatlah kerajinan sederhana seperti gelang manik-manik. Atau mungkin kalau kamu mau belajar hal baru, kamu bisa membuat dompet, tas, dan lainnya. Belajarlah dari teman atau orang tua mu.

Cara Menghibur Diri Tanpa Komputer dengan hunting foto
14 Hunting foto. Hunting foto merupakan salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan. Kamu bisa mencari objek foto di sekitar rumah kamu, atau kamu bisa berjalan-jalan dan mencari objek yang cukup jauh dari rumah kamu. Kegiatan ini bisa kamu lakukan bersama teman-teman kamu yang menggemari seni fotografi. Kamu tidak mempunyai kamera? kamu bisa meminjam kamera temanmu atau mungkin kamu bisa bergantian menggunakan kamera dengan temanmu.

Cara Menghibur Diri Tanpa Komputer dengan belajar make up
15 Belajar make up. Make dimasa kini bukan hanya untuk kecantikan yah, tapi juga untuk keperuan pertunjukan. Misalnya untuk make-up hantu, atau zombi, atau bahkan mayat. Tentu saja sudah tidak aneh lagi untuk laki-laki mempelajari bidang per-make-up-pan. Asal bukan buat dia jadi cantik sih.

Hal-hal diatas adalah hal yang bisa kamu coba selain bermain komputer/gadget. Selamat mencoba!  

1 comment:
Write comments
  1. Aku paling suka kalau mengatasi kebosanan dgn baca novel yang seru seru, atau menulis cerita novel, semoga aku bisa melakukan tips ini 😊

    ReplyDelete