Thursday, March 31, 2016

Cara Membuat Smartphone Kamu Jadi Mikroskop


Mungkin beberapa dari kalian sudah ada yang pernah menggunakan mikroskop ketika kegiatan praktik di sekolah atau di bangku perkuliahan. Pasti tidak jarang dari kalian ingin memiliki mikroskop sendiri di rumah hanya untuk iseng-iseng semata. Disini Ceritanyakah akan bantu kalian buat bikin mikroskop dari smartphone kalian. Ya total biayanya sekitar Rp. 100.000,- , masih mending kan daripada beli mikroskop yang harganya selangit. Step-stepnya yaitu sebagai berikut :

1 Ambil lensa dari laser pointer. Sekarang banyak kok yang jual laser pointer dipinggir jalan. Harganya juga cukup murah dan terjangkau. Beli saja yang paling murah. Lalu ambil lensa yang ada diujung pointer seperti gambar dibawah ini. Gunakan tang untuk mencabut komponen laser pointer dari tempatnya. 
Ketika mengambilnya dengan lensa, diusahakan hati-hati. Jangan sampai karena terlalu kuat menarik, lensa jadi tergores, atau malah lensa menjadi pecah.
Apabila sudah berhasil ditarik dan dikeluarkan, maka bentuk dari lensanya adalah seperti gambar dibawah ini :

2 Tempatkan lensa pada kamera smartphone kamu. Sebelum menempatkan lensa pada kamera smartphone kamu, coba perhatikan secara seksama lensa tersebut. Apabila kita perhatikan dari sisi samping, baik kanan maupun kiri, kamu akan melihat ada bagian yang agak menjorok ke dalam dari lensa tersebut. Bagian ini apabila dilihat akan terlihat lebih bening/transparan daripada bagian yang lain. Coba perhatikan gambar dibawah ini. Gambar dibawah dilihat dari sisi kiri. Bagian kaan dari lensa ini lebih bening dari bagian yang lain.
Sisi tersebut lah yang harus mengadap ke kamera. Untuk membuatnya menempel pada kamera smartphone kamu, gunakan klip dan selotip untuk menahan lensa tambahan ini. Atau kamu mungkin bisa menggunakan hal lain sesuai kreasi kamu sendiri. Yang penting lensa bisa menempel kuat di depan kamera smartphone tanpa ada yang menghalangi.

3 Membuat tempat penyangga. Untuk yang sudah pernah menggunakan mikroskop, pasti tau kan kalau pada mikroskop terdapat penyangga yang berfungsi untuk meletakkan preparat. Apa itu preparat? bisa cari di google deh. Selain untuk meletakkan preparat, penyangga ini juga berguna buat menstabilkan smartphone kamu. Bila sudah ada yang pernah melakukan macro photography, pasti akan mengalami susahnya menstabilkan kamera apabila dipegang oleh tangan. Karena pada dasarnya mikroskop ini menggunakan prinsip macro photography, maka kita buat stand untuk menstabilkan smartphone kamu. Kita akan membuat stand tersebut dengan kaca akrilik dan beberapa kayu bekas serta mur yang bisa dibeli di toko bangunan. Kita akan membuat 2 tingkat akrilik. Untuk bagian atas, kita akan memakai akrilik ukuran 8cm x 18cm. Dan berilah lubang pada bagian kiri dan kanan untuk memasukkan mur nanti.
Buat juga akrilik untuk bagian atas sebesar 18cm x 18cm dan berilah lubang pada setiap sisinya. Nantinya akrilik ini akan berfungsi sebagi tempat smartphone kalian diletakkan. Dan objek berapa di akrilik yang berukuran lebih kecil yang kita buat sebelumnya. Selanjutnya lubangi bagian kayu sebagai dasar sekaligus pemberan dari penyangga yang kita buat.

4 Membuat lubang untuk lensa laser. Lubang disini berguna agar ketika ponsel kita diletakkan nanti tidak akan mengganjal. Lubang dibuat dengan mengukur besar dari lensa laser yang kita ambil tadi, kemudian kita bor akrilik yang besa yang memiliki ukuran 18cm x 18cm.
Kemudian kita kikir sisi-sisi lubang tersebut agar pas dengan ukuran lensa laser pointer yang sudah kita ambil tadi.
Setelah dirasa cukup, cobalah masukkan lensa tadi kedalam lubang yang telah kamu buat. Jangan dipaksakan, kalau memamang belum cukup, sebaiknya kikir lagi lubang di akrilik tersebut. Apabila sudah muat, akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

5 Pasangkan mur pada lubang yang sudah kita buat tadi. Pada contoh dibawah hanya digunakan 3 mura saja, karena ketika membuat ada 1 mur yang hilang. Apabila ada yang sudah membuat lubang pada empat sisi kayu dan memiliki mur yang berjumlah 4, silahkan masukkan mur ke dalam empat lubang tersebut. Kurang lebih nanti hasilnya seperti ini.

6 Rangkau semua bagian yang sudah kita buat tadi. Pertama adalah memasukkan mur pembatas sebagai tempat preparat, atau akrilik berukuran 8cm x 18cm yang telah kita buat sebelumnya.
Lalu kemudian masukkan akrilik yang berfungsi sebagai preparat tadi. sebelum mesukkan, berilah ring terlebih dahulu agar nanti ketika kita melepas akan mudah. Namun bila tidak memilikinya, kamu tidak perlu memberinya.
Selanjutnya, bila kamu memiliki pegas/per. Gunakan pegas tersebut sebagi penahan antar akrilik yang diatas dengan akrilik preparat. Namun bila kamu tidak memilikinya, kamu cukup menggunakan mur tambahan lagi untuk meletakkan akrilik yang paling atas. Yang terpenting jangan terlalu dekat atau terlalu jauh dengan preparat.

6 Coba dengan mengetes memfoto seuatu yang kecil. Gunakan smartphone kamu untuk mengambil foto objek yang berukuran kecil. Seperti misalkan serangga, potongan melintang/membujur daun, dan sebaginya. Susunlah seperti gambar dibawah ini. Gunakan senter kecil dibawah sebagi pencahayaannya.

7 Pamerin foto kamu. Bisa ke instagram, facebook, path atau manapun sesuka kamu. Berikut ini adalah contoh foto yang udah kita ambil dengan mikroskop digital sederhana yang kita bikin. Jika memang kurang fokus, kamu bisa mengatur jarak preparat dengan mengendurkan dan mengencangkan murnya. Selamat mencoba!
Batang Rumput
Kaki Jangkrik
Busa Cuci Piring

No comments:
Write comments